Skip to content

Sering Terjadi, Ini Dia Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Kelinci

Sering Terjadi, Ini Dia Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Kelinci

Siapa sih yang tidak suka dengan hewan yang menggemaskan satu ini? Kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang saat ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan untuk diternak, khususnya bagi yang jual kelinci flemish giant.

Tak heran jika saat ini banyak sekali pengusaha ternak kelinci yang sedang giat-giatnya mengembangbiakkan hewan ini. Namun, tahukah anda jika kelinci sangat rentan terhadap penyakit?

Ada beberapa jenis penyakit kelinci yang sering terjadi dan umum dialami dalam kurun waktu tertentu.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kelinci terkena penyakit, biasanya kondisi kandang atau lingkungan yang tidak bersih menjadi penyebab utama.

Tapi, bagi anda yang sedang menjalani usaha ternak kelinci tidak perlu khawatir karena hal ini sudah wajar terjadi dalam dunia peternakan. Agar bisa mengetahui bagaimana cara menangani kelinci yang terserang penyakit, berikut ini perlu diketahui beberapa jenis penyakit kelinci yang umum terjadi.

1. Scabiosis atau Kudis

Penyakit Scabiosis atau yang biasa disebut dengan kudis ini disebabkan oleh kutu berjenis Sarcoptis scabiel. Kutu ini akan menyebabkan rasa gatal pada bagian kepala, hidung, kaki, hingga yang paling parah bisa menjalar ke seluruh bagian tubuh.

Ciri utama peyakit ini adalah bagian kulit yang terkena kutu akan tampak kemerahan dan kelinci sering menggaruk bagian tersebut.

2. Pasteurellosis

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang akan menyebabkan adanya infeksi pada bagian pernafasan, radang paru-paru, infeksi telinga, sinusitis, dan masih banyak lainnya.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pasteurella multocida dan termasuk penyakit yang menular sehingga kelinci yang sudah terkontaminasi harus segera dipisahkan dari kelinci lainnya.

3. Kokidiosis

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang bagian usus atau hati kelinci dan disebabkan oleh kuman parasite. Gejala oenyakit ini meliputi nafsu makan kelinci berkurang, mencret, berat badan berkurang, lemas, dan bulu menjadi kasar.

4. Diare

Sama halnya dengan manusia, kelinci juga seringkali mengalami diare. Biasanya penyebab diare pada kelinci disebabkan oleh makanan yang diberikan tidak cocok atau terkontaminasi, terlalu banyak makan hijau-hijauan basah, dan kondisi kandang yang kotor.

5. Radang Mata

Radang mata pada kelinci disebabkan karena infeksi setelah terkena benda tajam, bakteri, kekurangan vitamin A, debu, kotoran, asap, dan masih banyak lainnya. Jika sudah parah, mata kelinci akan keluar nanah.

Demikian beberapa jenis penyakit yang sering terjadi pada kelinci. Meskipun dianggap umum, namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan anda bisa melakukan pencegahan dan pengecekan kesehatan secara rutin.

Published inHewan Ternak