Skip to content

Keuntungan Baja Ringan untuk Rumah Minimalis

Rangka atap umumnya dibuat dari dua bahan yaitu kayu atau baja. Dalam konstruksi komersial dan industri, rangka atap baja ringan sudah menjadi ketentuan menjadikan bahan bangunan itu populer di pasaran.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN RANGKA ATAP BAJA

Semua keuntungan membangun rumah dengan rangka atap baja ringan sama dengan keuntungan membangun dengan baja konvensional. Selain memenuhi persyaratan sertifikasi green building, baja itu kuat, tahan lama, dan tahan terhadap sebagian besar ancaman yang rentan terhadap rangka kayu.

Berikut ini jasa pasang baja ringan Bogor uraikan beberapa keuntungan membangun dengan rangka baja.

Rasio Tinggi Antara Kekuatan dan Berat

Salah satu keuntungan utama dari rangka baja adalah rasio kekuatan terhadap beratnya yang tinggi. Hal ini tidak hanya menghasilkan produk yang lebih kuat dan tahan terhadap angin kencang.

Baja memiliki kapasitas bentang yang luas. Inilah sebabnya mengapa baja hampir secara eksklusif menjadi pilihan bagi para pembangun yang merancang arena olahraga besar, gudang, hanggar, dan sebagainya.

Akurat dan Presisi

Tidak seperti kayu yang tidak mungkin seragam karena lingkungan pertumbuhan alaminya yang melekat, rangka baja lebih terjamin perbandingan ukuran dan bentuk satu dengan yang lainnya.

Rangka baja ringan dibuat di pabrik dengan kontrol kualitas yang ketat. Oleh karena itu, rangka yang tiba di lokasi kerja dibangun persis seperti yang dirancang.

Hal ini tidak mungkin dilakukan untuk atap kayu yang sifatnya dapat bervariasi dari waktu ke waktu, terutama akibat pengaruh dari fluktuasi suhu dan kelembapan relatif.

Tahan Lama

Rangka baja dengan bahan pelapis yang memadai sangat tahan karat dan membutuhkan perawatan yang sangat minimal. Selain itu juga tahan terhadap rayap atau hama lainnya.

Tahan Api

Lapisan tahan api membuat rangka atap baja hampir tidak bisa dihancurkan oleh api. Ini penting untuk segala jenis bangunan baik dijadikan tempat tinggal atau yang menampung properti berharga.

Ramah Lingkungan

Seperti yang disebutkan di awal, bangunan baja dan logam mendapatkan poin ekstra untuk program sertifikasi bangunan ramah lingkungan. Salah satu alasan utamanya adalah bahwa rangka baja dibuat menggunakan hingga 90% bahan daur ulang dan juga 100% dapat didaur ulang di akhir masa pakainya.

Hal ini, dikombinasikan dengan fakta bahwa mereka sangat tahan lama dan jarang perlu diganti, menjadikannya produk bangunan yang sangat ramah lingkungan.

Jika dilihat secara keseluruhan, keunggulan ini membuat baja ringan menjadi pilihan untuk membuat bangunan minimalis. Terutama karena daya tahan dan umur panjangnya dapat menghemat biaya.

Published inKonstruksi

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    4 + 16 =